Sunday 9 October 2011

TIPS MENGHADAPI PERSOALAN HIDUP


Hal yang pasti tidak akan luput dari kehidupan hidup kita sehari-hari adalah apa yang disebut dengan “masalah “ atau persoalan hidup.  Di mana pun, kapan pun apa pun, dan dengan siapa pun. Semuanya memungkinkan peluang , munculnya masalah.  Namun anadi kata kita cermati dengan seksama, tenyata  terhadap persoalan yang persis sama pun sikap orang akan berbeda-beda. Ada yang begitu panik, goyah, kalut, dan stress, tetapi ada pula yang mengahadapinya dengan mantap, tenang, atau bahkan menikmatinya.
                Nah, berikut ini tips agar mampu menghadapi persoalann dan masalah dengan tetap segar dan tenang. Berikut tipsnya:
1.       SIAP
Siap apa? Siap menghadapi apa yang cocok dengan yang diinginkan dan siap menghadapi apa yang tidak cocok dengan keinginan. Kita memang memiliki keinginan, cita-cita, rencana yang benar dan wajar dalam hidup ni. Bahkan, kita sangat di anjurkan untuk gigih berikhtiar mencapai apa pun yang terbaik bagi dunia dan akhirat, semaksimal kemampuan yang Allah SWT berikan kepad kita.

Namun, pada saat yang sama kita pun harus menyadari sepenuhnya bahwa kita hanyalah makhluk yang memiliki sangat banyak keterbatsan untuk mengetahui segala hal yang tidak terjangkau oleh daya nalar dan kemampuan kita. Apa yang kita inginkan terkadang tidak sesuai dengan kenyataan, dan ini menimbulkan masalah. Jika kita tidak siap enghadapinya maka akan timbul permasalahan lain, yaitu rasa gagal, stres, depresi, kecewa dan sebagainya.

2.       R IDHA {RELA}
Siap menhadapi apa pun yang aka terjadi , dan bila terjadi , satu-satunya langkah awal yang harus dilakukan adalah ridha terhadap apa yang telah terjadi. Kita tidak perlu mencelanya, memungkinkan dan menolaknya. Terimalah kenyataan apa adanya, sebab biarpun kita tolak, tooh kita tidak akan bisa menghindar dari kenyataan tersebut.

3.       JANGAN MEMPERSULIT DIRI
Andaikan kita mau jujur, sesungguhnya kita ini paling hobi mengarang, mendramatisir, dan mempersulit diri. Sebagian besar penderitaan kita adalah hasil mendramatisir perasaan dan pikiran sendiri. Selain tidak pada tempatnya, pasti juga membuat masalah akan menjadi lebih dahsyat, pahit, gawat, dan pilu dari kenyataan yang sebenarnya.


4.       EVALUASI DIRI
Ketahuilah, hidup ini bagaikan gaung di pegunungan, apa yang kita bunyikan, suara itu pulalah yang akan kembali kepada kita. Artinya, segala yang terjadi pada kita adalah buah dari apa yang telah kita lakukan.
Kita harus bisa mengevaluasi setiap hal yang kita lakukan dan telah kita capai serta segala masalah yang menimpa kita, sehingga jika ada masalah kita bisa mencari sumber dan solusinya. Dan jika mendapatkan pencapain prestatif kita bisa lebih meningkatkan lagi kuantitas dan kualitas.

5.       HANYA ALLAH SATU-SATUNYA PENOLONG
Selama kita menyakini bahwa Allah satu-satunya penolong maka kita tidak akan merasa takut dan berat menghadapi segala macam  masalah dan persoalan kehidupan.  Jika keyakinan akan pertolongan Allah besar maka tidak ada sesuatu pun yang dapat mengubah pendirian dan keyakinan kita tersebut.  Jika badai cobaan, masalah, dan hambatan menghadang dan menghamtam kita, ingatlah Dia sang penolong. Insya Allah segala masalah ada solusinya dan segala persoalan ada jawabannya.



Sumber:
Nurdin Ali. 2009. 35 jurus anti mati gaya. Surakarta: indiva media kreasi


0 comments:

Post a Comment