Friday 25 November 2011

Tips Menjadi Remaja yang Sukses

SUKSES dan berhasil merupakan keinginan setiap orang, yang kaya dan miskin, yang tua dan muda. Kamu juga sebagai remaja pasti menginginkan kesuksesan. Iya kan? Entah sukses dalam studi, berteman, bekerja, atau dalam bidang apa pun yang kalian tekuni. Namun, perlu kalian ingat bahwa meraih kesuksesan itu tidak gampang alias sulit meskipun bukan sesuatu yang mustahil. Semua orang bisa sukses sesuai dengan bidqng yang cocok dengan potensi dan bakatnya. Hanya saja, banyak di anatara kamu yang ingin sukses tapi tidak tahu atau belum tahu bagaimana bersikap, berbuat, dan berpikir untuk sukses. Nah, berikut ini beberapa tips agar kamu bisa sukses dan berhasil:
1.       JANGAN PERNAH TAKUT GAGAL DAN RUGI
Orang yang memiliki karakter sukses tidak pernah takut akan kegagalan dan kerugian. Apapun yang di lakukannya, walau itu gagal tidak pernah di anggap sebagai kegagalannya tapi baginya itu menjadi pengalaman dan anak tangga menuju keberhasilan. Kegagalan yang menimpanya justru menjdai cambuk untuk lebih giat, tekun, dan berusaha menggapai asanya. Jika kamu memiliki cita-cita dan harapan namun selalu kandas untuk meraihnya maka teruslah berusaha untuk menggapainya dan jangan pernah terlinytas dalam benakmu kata “gagal”. Kegagalan itu tidak ada, yang ada adalah kesuksesan yan belum tercapai. Pepatah mengatakan “Man jadda wajada” artinya: barangsiapa bersungguh-sungguh maka dapatlah dia.

2.       MENGAKUI KESALAHAN JIKA MEMANG BERBUAT KESALAHAN
Jika kamu berbuat salah atau keliru dalam melangkah menuju kesuksesan sehingga tersandung halangan dan rintangan yang berat maka akuilah kesalahan strategimu. Jangan keras kepala sehingga malah bertambah berat rintangan yang menghadang. Lebih baik berbuat walaupun salah dan keliru daripada tidak pernah salah dan keliru karena tidak pernh berbuat dan bertindak. Ingat, mengakui kesalahan diri merupakan pintu menuju tercapainya harapan dan cita-cita kamu.

3.       PANDAI MENDENGAR
Jika kamu ingin sukses maka perbanyaklah mendengar dan menyimak perkataan orang-orang yang membicarakan keberhasilan dan kesuksesannya atau pun kegagalan dan kerugiannya. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan tambahan pengalaman , nasihat, dan energi untuk mengikuti jejak orang-orang yang berhasil dan menghindari langkah-langkah dan kekeliruan yang dilakukan oleh orang-orang yang belum berhasil. Kalau kamu pandai mendengarkan perkataan orang lain, tidak menyelanya dan memotong perkataannya maka ia akan simpati kepadamu dan menjadi penolongmu serta pemberi semangat untuk kesukseasanmu. Sebaliknya, jika kamu tidak suka mendengar dan ingin terus berbicara walaupun orang yang diajak bicara sudah bosan dan muak, itu tandanya bahwa kamubukan calon orang sukses dan berhasil. Sebab, orang yang kamu ajak bicara akan meras bosan dan membencimu atau malah kesal atas kelakuanmu yang arogan, sok pintar, dan ingin menang sendiri. Alih-alih mendapatkan support untuk mendapatkan kesuksesan, malah sebaliknya kamu didorong dan didoakan untuk tidak berhasil dalam meraih setiap cita-citamu.

4.       MEMILIKI RASA PERCAYA DIRI YANG TINGGI
Kalau kamu memiliki asa untuk meraih cita-cita yang tinggi, lakukanlah, jangan surut oleh ocehan orang-orang yang tidak suka sama kemauanmu. Lakukanlah apa yang kamu anggap bermanfaat, baik untuk  dirimu maupun orang lain yang ada disekelilingmu. Jangan tergoda dan terganggu oleh bujukan, hinaan, celaan dan hasutan orang-orang yang tidak memilki kepercayaan diri yang besar untuk mewujudkan harapannya.
Apapun target hidupmu, tempuhlah. Peliharalah selalu api rasa percaya diri dalam dadamu agar kamu senantiasa bisa menyinari jalannmu menuju kesuksesan. Tak usah pedulikan rongrongan orang-orang yang jiwanya kerdil, kecil, bonsai tak mau berbuat, no action talk only, hanya berangan-angan dan mengkhayalkan kesuksesan semata.

5.       MEMILIKI RASA PUAS DAN TERUS BERUSAHA MERAIH YANG TERBAIK
Apapun yang kamu raih, sekecil apapun prestasi yang telah kamu torehkan, kamu wajib mensyukurinya dan  puas terhadapnya. Namun, kamu tetap harus terus berusaha semaksimal mungkin mencapai prestasi yang lebih baik & lebih baik lagi.Ada pepatah yang mengatakan “ EVEN THE BEST CAN BE IMPROVED” (walaupun terbaik tapi bisa ditingkatkan lagi).

Mudahan-mudahan kamu bisa mewujudkan lima ppoin di atas sehingga dapat meraih kesuksesan sesuai dengan kamu idam-idamkan. Kelima tips di atas tidak akan berguna jika tidak direalisasikan dalam setiap langkah dan embusan napasmu. Ia tidak akan berguna jika hanya dicatat dalam diary kesayanganmu dan dihafal dalam otakmu tapi tidak diamalakan. Teruslah berusaha agar kamu menjadi orang yang berhasil cepat atau pun lambat. Hanya satu yang menjadi target dan fokus hidupmu, yaitu sukses.

Pepatah mengatakan,”coba dan perhatikan lah niscaya kamu menjadi orang yang tahu”.

Sumber:
Nurdin Ali. 2009. 35 jurus anti mati gaya. Surakarta: indiva media kreasi



3 comments:

Post a Comment