Saturday 16 February 2013

Efikasi Diri (Self Efficacy)


EFIKASI DIRI
Efikasi diri merupakan salah satu aspek pengetahuan tentang diri atau self knowwledge  yang paling berpengaruh dalam kehudupan maanusia sehari-hari. Hal ini disebabkan efikasi diri yang dimiliki ikut memengaruhi individu dalam menentukan tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan termasuk di dalamnya perkiraan berbagai kejadian yang akan dihadapi.

A.    PENGERTIAN EFIKASI DIRI
Bandura adalah tokoh yang memperkenalkan istilah efikasi diri (self-efficacy). Ia mendefenisikan bahwa efikasi dirii adalah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya dalam melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu.47 Sementara itu, Baron dan Byrne (1991) mendefenisikanan efikasi diri sebagai evaluasi seseorang mengenai kemampuan atau kompetensi dirinya untuk melakukan suatu tugas, mencapai tujuan, dan mengatasi hambatan. Bandura dan Woods menjelaskan bahwa efikasi diri mengacu pada keyakinan akan kemampuan individu untuk menggerakkan motivasi, kemampuan kognitif, dan tindakan yang diperlukan untuk memenuhi tuntutan situasi. 48.
Meskipun Bandura menganggap bahwa efikasi diri terjadi pada suatu kemampuan fenomena situasi khusus, para peneliti yang lain telah membedakan efikasi diri khusus dari efikasi diri secara umum atau generalized self-efficacy.49 efikasi diri secara umum menggambarkan suatu penilaian dari seberapa baik seseorang dapat melakukan suatu perbuatan pada situasi yang beraneka ragam.
Efikasi diri secara umum berhubungan dengan dengan harga diri atau self-esteem karena keduanya merupakan aspek dari penilaian dari yang berkaitan dengan kesuksesan atau kegagalan seseorang sebagai seorang manusia.50 Meskipun demikian, keduanya juga memiliki perbedaan, yaitu efikasi diri tidak mempunyai komponen penghargaan diri seperti self-esteem.  Harga diri ( self-esteem) mungkin suatu sifat yang menyemarakkan; efikasi diri selalu situasi khusus dan hal ini mendahului aksi dengan segera. Sebagai contoh, sesorang bisa memiliki efikasi diri secara umum yang tinggi, dia mungkin menganggap dirinya sanggup dalam banyak situasi. – namun, memiliki harga diri yang rendah karena dia percaya bahwa dia tidak memiliki nilai pokok pada hal yang dikuasai.
Bandura (1997) mengatakan bahwa efikasi diri  pada dasarnya adalah hasil proses kognitif berupa keputusan, keyakinan, atau penghargaan tentang sejauh mana individu memperkirakan kemampuan dirinya dalam melaksanakan tugas atau tindakan tertentu yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Menurut dia, efikasi diri tidak berkaitann dengan kecakapan yang dimiliki, tapi berkaitan dengan keyakinan individu mengenai hal apa yang dapat dilakukan dengan kecakapan yang ia miliki seberapa pun besarnya. Efikasi diri menekannkan pada komponen keyakinan diri yang dimiliki seseorang dalam menghadapi situasi yang akan datang yang mengandung kekaburan, tidak dapat diramalkan, dan sering penuh dengan tekanan. Meskipun efikasi diri memiliki suatu pengaruh sebab-musabab yang besar pada tindakan kita, efikasi diri berkombinasi dengan lingkungan, perilaku sebelumnya, dan variabel-variabel personal lainnya, terutama harapan terhadap hasil untuk menghasilkan perilaku. Efikasi diri akan mempengaruhi beberapa aspek dari kognisi dan perilaku seseorang. Gist dan Mitchell mengatakan bahwa efikasi diri dapat membawa pada perilaku yang berbeda di antatara individu dengan kemampuan yang sama kaena efikasi diri memengaruhi pilihan, tujuan, pengatasan masalah, dan kegigihan dalam berusaha (Judge dan Erez, 2001).
Seseorang dengan efikasi diri percaya bahwa mereka mampu melakukan sesuatu untuk mengubah kejadian-kejadian di sekitarnya, sedangkan seseorang dengan efikasi diri rendah menganggap dirinya pada dasarnya tidak mampu mengerjakan segala sesuatu yang ada disekitarnya. Dalam situasi yang sulit, orang dengan efikasi yang rendah cenderung mudah menyerah. Sementara dengan orang dengan efikasi diri yang tinggi akan berusaha lebih keras untuk mengatasi tantangan yang ada. 51 Hal senada juga di ungkapkan oleh Gist, yang menunjukkan bukti bahwa perasaan efikasi diri memainkan satu peran penting dalam mengatasi memotivasi pekerja untuk menyelesaikan pekerjaan yang menantang dalam kaitannya dengan pencapaian tujuan tertentu.52
Dalam kehidupan sehari-hari, efikasi diri memimpin kita untuk menentukan cita-cita yang menantang dan tetap bertahan dalam menghadapi kesulitan-kesulitan. Lebih dari seratus penelitian memperlihatkan bahwa efikasi diri meramalkan produktivitas pekerja.53 ketika masalah-masalah muncul, perasaan efikasi diri yang kuat mendorong para pekerja untuk tetap tenang dan mencari solusi daripada merenung ketidakmampuannya. Usaha dan kegigihan menghasilkan prestasi.
Judge dkk, menganggap bahwa efikasi diri ini adalah indikator positif dari core self-evaluation untuk melakukan evaluasi diri yang berguna untuk memahami diri (Judge dan Bono,2001). Efikasi diri merupakan salah satu aspek pengetahuan tentang diri atau sel-knowledge yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia sehari-hari karena efikasi diri yang dimiliki ikut memengaruhi individu dalam menentukan tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai suatu tujuan, termasuk di dalamnya perkiraan terhadap tantangan yang akan dihadapi.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa efikasi diri secara umum keyakinan seseorang mengenai kemampuannya dalam mengatasi beraneka ragam situasi yang muncul dalam hidupnya. Efikasi diri tidak berkaitan dengan kecakapan yang ia miliki seberapa aspek dari kognisi dan perilaku seseorang. Oleh karena itu, perilaku satu individu akan berbeda dengan individu yang lain.


47. J. Feist, dan G.J Feist, “theories of Personality”, Fourth Edition, (Boston:Mcgraw-Hill Companies Inc., 1998)
48. N.W Wulandari, “ Hubungan Antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Kepuasan Kerja”, Skripsi, (Tidak diterbitkan), (Jogjakarta: Fakultas Psikologi UGM, 2000)
49. Chen dan Gully; Gist; Gist dan Mitchel dalam R.Hogan, & B.W Robbert, Personality Psychology: in the Workplace, (Washington DC: American Psychology Association, 2001)
50. Locke dkk, dalam ibid.

B.      PERKEMBANGAN EFIKASI DIRI
Efikasi diri merupakan unsur kepribadian yang berkembang melalui pengamatan-pengamatan individu terhadap akibat-akibat tindakannya dalam situasi tertentu. Persepsi sesorang mengenai dirinyanya dibentuk selama hidupnya melalui reward dan punishment dari orang-orang disekitarnya. Unsur penguat (reward dan punishment) lama-kelamaan dihayati sehingga terbentuk pengertian dan keyakinan mengenai kemampuan diri. Bandura (1997)  mengatakan bahwa persepsi terhadap efikasi diri setiap individu berkembang dari pencapaian secara  berangsur-angsur akan kemampuan dan pengalaman tertentu secara terus-menerus. Kemampuan memersepsikan secara kognitif terhadap kemampuan yang dimiliki memunculkan keyakinan atau kemantapan diri yang akan digunakan sebagai landasan bagi individu untuk berusaha semaksimal mungkin mencapai target yang telah ditetapkan.
Menurut Bandura (1997) efikasi diri dapat ditumbuhkan dan dipelajari melalui empat sumber informasi utama. Beriku ini adalah empat unsur-unsur informasi tersebut.
1.      Pengalaman keberhasilan (mastery experience)
Sumber informasi ini memberikan pengaruh besar pada efikasi diri individu karena didasrkan pada pengalaman-pengalaman pribadi individu secara nyata yang berupa keberhasilan dan kegagalan. Pengalaman keberhasilan akan menaikkan efikasi diri individu, sedangkan pengalaman kegagalan akan menurunkannya. Setelah efikasi diri yang kuat berkembang  melalui serangkaian keberhasilan, dampak negatif dari kegagalan-kegagalan yang umum akan terkurangi. Bahkan kemudian kegagalan diatasi dengan usaha-usaha tertentu yang dapat memperkuat motivasi diri apabila seseorang menemukan lewat pengalaman bahwa hambatan tersulit pun dapat di atasi melalui usaha yang terus-menerus.

2.      Pengalaman orang lain (vicarious experience)
Pengamatan terhadap keberhasilan orang lain dengan kemampuan yang sebanding dalam mengerjakan suatu tugas akan meningkatkan efikasi diri individu dalam mengerjakan tugas yang sama. Begitu pula sebaliknya, pengamatan terhadap kegagalan orang lain akan menurunkan penilaian individu mengenai kemampuannya dan individu akan mengurangi usaha yang akan dilakukan. 54

3.      Persuasi verbal (verbal persuasion)
Pada persuasi verbal, individu diarahkan dengan saran, nasihat, dan bimbingan sehingga dapat meningkatkan keyakinannya tentang kemampuan-kemampuan yang dimiliki yang dapat membantu mencapai tujuan yang diinginkan. Individu yang diyakinkan secara verbal cenderung akan berusaha lebih keras untuk mencapai suatu keberhasilan. Menurut Bandura (1997), pengaruh persuasi verbal tidaklah terlalu besar karena tidak memberikan suatu pengalaman yang dapat langsung dialami atau diamati individu. Dalam kondisi yang menekan dan kegagalan terus-menerus, pengaruh sugesti akan cepat lenyap jika mengalami pengalaman yang tidak menyenangkan.

4.      Kondisi fisiologis (psysiological state)
Individu akan mendasarkan informasi mengenai kondisi fisiologis mereka untuk menilai kemampuannya. Ketegangan fisik dalam situasi yang menekan dipandang individu sebagai suatu tanda ketidakmampuan karena hal itu dapat melemahkan perfomansi kerja individu.
****

Berdasarkan uraian di atas dapat di simpulkan bahwa efikasi diri dapat ditumbuhkan dan dipelajari melalui emapt sumber informasi utama, yaitu Pengalaman keberhasilan (mastery experience, Pengalaman orang lain (vicarious experience), Persuasi verbal (verbal persuasion), Kondisi fisiologis (psysiological state).


54. Brown dan Inouge dalam A. Bandura, Self-Efficacy: The Exercise of Control, (New York: W.H.Freeman and Company,1997)

C.    ASPEK-APEK EFIKASI DIRI
Menurut Bandura (1997), efikasi diri pada diri tiap individu akan berbeda antara satu individu dengan yang lainnya berdasarkan tiga dimensi. Berikut adalah tiga dimensi tersebut.
1.      Dimensi tingak level (level)
dimensi ini berkaitan dengan derajat kesulitan tugas ketika individu merasa mampu untuk melakukannya. Apabila individu dihadapkan pada tugas-tugas yang disusun menurut tingkat kesulitannya, maka efikasi diri individu mungkin akan terbatas pada tugas-tugas yang mudah, sedang, atau bahkan meliputi tugas-tugas yang paling sulit, sesuai dengan batas kemampuan yang dirasakan untuk memenuhi tuntutan perilaku yang dibutuhkan pada masing-masing tingkat. Dimensi ini memiliki implikasi terhadap pemilihan tingkah laku yang dirasa mampu dilakukannya dan menghindari tingkah laku yang berada di luar batas kemampuan yang di rasakannya.

2.      Dimensi kekuatan (strength)
Dimensi ini berkaitan dengan tingkat kekuatan dari keyakinan atau pengharapan individu mengenai kemampuannya. Pengharapan yang lemah mudah digoyahkan oleh pengalaman-pengalaman yang tidak mendukung. Sebaliknya, pengharapan yang mantap mendorong individu tetap bertahan dalam usahanya. Meskipun mungkin ditemukan pengalaman yang kurang menunjang. Dimensi ini biasanya berkaitan langsung dengan dimensi level, yaitu makin tiggi level taraf kesulitan tugas, makin lemah keyakinan yang dirasakan untuk menyelesaikannya.

3.      Dimensi generalisasi (geneality)
Dimensi ini berkaitan dengan luas bidang tingkah laku yang mana individu merasa yakin akan kemampuannya. Individu dapat merasa yakin terhadap kemampuan dirinya. Apakah terbatas pada suatu aktivitas dan situasi tertentu atau pada serangkain aktivitas dan situasi yang bervariasi.
*******
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dimensi-dimensi, efikasi diri adalah tingkat (level), dimensi kekuatan (strenght), dan dimensi generalisasi (generality).

Sumber Buku : Ghufron M. Nur & Risnawati Rini S. 2010. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

37 comments:

Unknown said...

salam kenal sahar.
aku sedang mencari buku terjemahan self efficacy nh ada gag ya?

Unknown said...

tolong ya, klu ada buku yang terkait dgn self efficacy. sms aja aku. terimah kasih
085739943501

saharpratama.blogspot.com said...

@ipunk: nama bukunya sya cantumkan dri sumber bacaan'y..!!!! n maaf bru bls soal'y jarang On di blog sendiri :-)

Unknown said...

mas nama pengarangnya dri buku self efficacy siapa iya
law ada tolong sms ke no 085201765928

Unknown said...

aku juga lagi butuh referensi yg ngebahas self efficacy... share ke email aku yah evaemelya.syahidah@gmail.com.. tks

Top123 said...

butuh buku refrensi tentang self efificacy ni ..
email ke : tokoholala@gmail.com dong ,,thx

Unknown said...

mas nama pengarangnya dri buku self efficacy siapa ya?
Kalaw ada tolong kirim lewat email. Grohobudi@gmail.com

Unknown said...

buku terjemahan albert bandura ada nggak? klo ada belinya dimana yaa kasih info dong

Darta Ali Mubaraq said...

Terima kasih karena menuliskan informasi yang bermanfaat, seperti efikasi diri. Mohon bantuannya untuk mengirimkan referensi buku efikasi diri di dartaismuslim@gmail.com. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih dan salam kenal.

Unknown said...

ini yang minta refrensi, penulisnya sudah mencantumkannya disitu, apa abstrak ta refrensinya, atau memang ansal baca...

Unknown said...

Sudah menemukan blm ya buku terjemahan albert bandura?sya jg membutuhkan

Unknown said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

Buat yg nanya referensi sbnr nya penjelasn di atas sdh cukup jelas
tpi mungkin jurnal ini bs membantu :) semoga bermanfaat.
.
https://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/Bandura1977CTR-Adams.pdf
.
https://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/Bandura1977PR.pdf


Faisal NA said...

Trimakasih jurnal nya mbak, ini yg saya cari2..

Unknown said...

trim,,,,semoga menjadi amal barokah

Unknown said...

butir-butir indikator apa saja yang bisa digunakan untuk mengetahui tingkat efikasi seseorang? barangkali ada contoh kuestionernya....(mau deh!)
endangmurwani2@gmail.com

as you can like said...

masih bingung nih kadang susah nentuin self efficacy kita gimana, kadang ragu gitu ada yang bisa kasih contoh gak ya? bisa email saya deh
christina_vilia@yahoo.co.id

Unknown said...

yang punya kuesioner ttg self efficacy, minta tolong di share ke saya ya..
email : elpinaria.girsang@gmail.com

Iin said...

Sudah dapat kuisionernya? Sy juga membutuhkan, boleh share? budiatindah@gmail.com

Unknown said...

Terima kasih banyak informasinya..
kalau ada yang sudah punya kuesioner self efficacy mau juga dong..
renii.tiehtayaogin@gmail.com

Unknown said...

Mbak maaf, apa sudah punya kuesioner self efficacy dari bandura? Saya juga butuh untuk referensi skripsi saya untuk skala baku dari banduranya. Mohon infonya mbak, terimakasih.. Liliestriarlina@gmail.com

Nana said...

Kak mau tanya ada referensi lain terkait self efficacy ngak ya? Klo ada saya minta diemailkan ya kak buat materi skripsi saya kak, terimakasih

Unknown said...

makasih mba-mba.... mba kalo ada yang punya buku atau e-book yang berjudul self-efficacy the exercise of control bandura kalo boleh saya minta mba mazz....

imasmaspupatun@gmail.com..

Tembeling Luhur said...

yg butuh buku atau jurnal dari Bandura, silahkan download di link berikut http://www.uky.edu~eushe2/Bandura/BanduraPubs.html

Semoga bermanfaat

Unknown said...

ada yg punya buku efikasi diri yang terbaru ?? saya juga membutuhkan jurnal tenantang efikasi diri yang terbaru sekitar 5 tahun terakhir dan bukunya 10 tahun terakgir. mohon bantuannya :)

Unknown said...

Ada yang tau jual buku efikasi diri dmna? Kalo ada, wa 081254124141

Unknown said...

Bisa minta dampak positif dan negatif dari self afficacy

Unknown said...

Terimakasih mba, semoga berbermanfaat ilmunya

Deti Sriyanti said...

assalamualaikum, beli bukunya dimana ya?

Unknown said...

Saya pernah membaca referensinya di psikologi pendidikan penulisnua jeane omlis omrod mba

Unknown said...

ada yang punya buku self efficacy bandura atau refensi tentang self efficacy kalau ada send ke email ku ya kawan inianto07@gmail.com

Unknown said...

Mohon maaf kalau ada yg punya referensi buku self efikasi dan kuisionernya bsa mnta tlong d kirim di email saya ya.
wahyuningpermatasari642@gmail.com
Terimakasih

Unknown said...

sudah dapat indikator dan kuesioner nya ? kalo ada, boleh di share ? fitrirahmawati492@gmail.com

Unknown said...

Mohon maaf kalau ada yang punya referensi buku tentang self efikasi dan kuisionernya bisa minta tolong dikirim di email saya ya. lukasadolfina@gmail.com

Unknown said...

Mohoh maaf kak, sudah punya buku dan kuisionernya? Jika sudah, boleh share mbak? Saya juga membutuhkan
farazillaaa@gmail.com

Unknown said...

mohon maaf, apakah sudah dapat kuesioner self efficacy nya ka? kalo ada apakah boleh di share? terimkasih. melymelinda73@gmail.com

y said...

mohon maaf, apakah sudah dapat indikator dan kuesioner self efficacy nya kak? kalo ada apakah boleh di share kak? terimkasih. yohanaoctaviasimarmata@gmail.com

Post a Comment